STNK adalah surat krusial dalam mengendarai kendaraan. Tapi bagaimana bila STNK milikmu rusak atau hilang? Jangan khawatir, di sini akan kita bahas daftar biaya pembuatan STNK. Ayo kita simak informasi lengkapnya.

Langkah-Langkah Pembuatan STNK

Bila STNK milikmu hilang jangan langsung panik. Kamu dapat memasukan laporan kehilangan serta mengurus STNK lagi di SAMSAT. Prosedur mengurusnya tidak rumit, hanya saja kamu harus menyiapkan beberapa surat-surat tertentu terlebih dahulu.

Ada tahap-tahap yang perlu kamu jalani jika STNK hilang. Pertama mengumpulkan dokumen untuk pencetakan STNK baru. Kamu wajib membawa KTP serta BPKB asli maupun kopiannya dan fotokopi STNK (jika sempat memfotokopi sebelum hilang). Selain itu juga harus membawa berkas laporan kehilangan yang dapat kita minta di kepolisian.

Setelah mempersiapkan dokumen, kamu akan mengisi formulir permintaan STNK baru serta cek kondisi kendaraan. Lalu petugas akan membantu cek blokir untuk memastikan STNK tidak sedang dalam masa pencarian. Ini untuk mendapat tanda bukti STNK hilang dari SAMSAT.

Tahap selanjutnya berupa melunasi pajak STNK jika masih terdapat pajak yang menunggak dan membayarkan cetak STNK baru. Kemudian berkas pembuatan STNK kamu dapat diproses.

Harga Pembuatan STNK Baru

Harga pembuatan STNK karena hilang atau rusak sama dengan biaya STNK baru. Biaya pencetakan tersebut berpatokan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016. Harga pembuatan STNK baru sejumlah:

  • Untuk motor ongkos STNK baru adalah seratus ribu rupiah sedangkan untuk perpanjang STNK lima tahunan berjumlah sama sebesar seratus ribu rupiah.
  • Untuk mobil, ongkos yang harus kamu bayar adalah dua ratus ribu rupiah dan untuk perpanjangan STNK lima tahunan juga sebesar jumlah yang sama.

Biaya pembuatan STNK di atas juga berlaku saat kamu mengurus proses balik nama. Ketika balik nama akan ada dua ongkos yang harus kamu bayar, yaitu proses pembalikan nama itu sendiri dan menerbitkan STNK baru.

Pengurusan STNK Baru via Online

Jika kamu sedang sibuk atau tidak sempat datang ke SAMSAT mengurus STNK baru, kamu bisa memakai jasa urus STNK. Ada beberapa jasa urus STNK terpercaya, di antaranya GoService di aplikasi GoJek yang beroperasi di Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang Selatan.

Jumpapay bekerjasama dengan GoJek menyediakan layanan agen administrasi STNK mulai dari perpanjang STNK tahunan dan lima tahunan, balik nama, mutasi STNK, blokir STNK, hingga mengurus STNK hilang. Kamu hanya tinggal menyiapkan berkas dan menunggu agen GoService mengambil dokumen ke lokasi kamu. Tidak perlu susah-susah mengantri di SAMSAT karena tim GoService akan menguruskannya untukmu.

Khusus untuk jasa pengurusan STNK yang hilang dan pembuatan STNK baru kamu bisa menghubungi kontak Customer Service Jumpapay di +62 821-1341-6941 atau langsung mengunjungi situsnya di www.jumpapay.com.

Demikian biaya pembuatan STNK ter-update yang berlaku di 2021. Apabila STNK-mu hilang atau rusak segera urus secepatnya karena STNK sangat krusial dalam berkendara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here