Terkadang saat kendaraan membutuhkan mutasi surat banyak masyarakat yang malas mengurusnya sendiri, dan akhirnya mengurus melalui biro jasa STNK terdekat. Bukan apa-apa biasanya mengurus sendiri ini sedikit memakan banyak waktu.

Karena itu bagi masyarakat yang sangat sibuk biasanya malas untuknya mengurus sendiri, karena itu biro jasa terdekat untuk membantunya menjadi sebuah jalan keluar. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakannya ada baiknya untuk melihat bagaimana alurnya, dan syarat yang dibutuhkan.

Mutasi STNK Lewat Biro Jasa

Biro jasa adalah lembaga yang membantu atau merupakan perpanjangan tangan dari seseorang dalam mengurus surat kendaraan yang dimilikinya. Sehingga konsumen tidak perlu melakukannya sendiri dan hanya tinggal menitipkan berkasnya saja.

Nantinya biro jasa yang akan bergerak dan mengurus semuanya, sampai semua hal tersebut selesai. Tentunya hal ini tidak dilakukan dengan gratis karena biasanya biro jasa ini akan mematok ongkos untuk setiap transaksi yang dilakukan.

Syarat Mutasi Surat Kendaraan

Tentunya mutasi atau cabut berkas ini terjadi karena beberapa alasan, maka dari itu bagi yang hendak mengurusnya ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa saja syarat yang dibutuhkan. Ini membantu untuk memberikan gambaran terkait dengan proses yang akan dilakukan.

Syarat yang dibutuhkan untuk melakukan mutasi kendaraan, diantaranya:

1. Menyiapkan Berkas

Pertama adalah menyiapkan berkas yang dibutuhkan, dalam hal ini tentunya berkas si pemilik kendaraan dan juga berkas kendaraannya. Untuk data atau berkas yang dibutuhkan tersebut diantaranya:

  • STNK fotokopi dan asli
  • BPKB fotokopi dan yang asli
  • Kwitansi kosong, namun sudah berisikan tanda tangan penjual
  • Foto Copy dan asli KTP pemilik baru
  • Kuitansi asli yang merupakan bukti pembayaran pembelian unit kendaraan, dan sudah ditandatangani oleh penjual. Bermaterai Rp 6ribu, dan difotokopi,
  • Faktur/Form A asli dan fotokopi

2. Kendaraan Wajib Ada

Langkah selanjutnya adalah esek-esek yakni pengecekan terhadap kendaraan, dan menurut regulasi baru kendaraan yang ingin diurus haruslah dibawa. Jadi nantinya pemilik bersama kendaraannya harus datang ke samsat setempat.

Tidak ada alasan mobil tidak bisa dihadirkan karena nantinya akan dilakukan pengecekan terhadap kendaraan tersebut. Nantinya setelah di cek, maka kendaraan tersebut akan difoto bersamaan dengan pemiliknya dan kemudian dicetak serta disatukan.

3. Melakukan Permohonan

Fungsi dari foto yang dicetak tersebut untuk kemudian disatukan dengan formulir permohonan mutasi. Memang ini merupakan regulasi yang masih baru, dan masih dalam tahap sosialisasi sehingga tidak semua orang mengetahui hal ini.

Jadi kalau surat tidak dibawa, maka pemilik kendaraan tidak bisa mengurus mutasi tersebut karena ini merupakan aturan terbarunya.

Hanya saja perlu diperhatikan bahwa aturan dan syarat ini hanya berlaku jika melakukan pengurusan secara mandiri.

Portrait of a handsome smiling man with headset working on the computer.

Kelebihan Memakai Biro Jasa

Ternyata syarat yang dibutuhkan lumayan, meskipun tidak banyak tapi tetap saja terkadang tidak banyak orang yang mempunyai banyak waktu untuk mengurusnya. Karena itu banyak yang memutuskan untuk memakai biro jasa dengan beragam kelebihan yang dimilikinya, diantaranya:

  • Lebih cepat selesai
  • Tetap merupakan surat asli
  • Tidak perlu repot mengantri
  • Menghemat waktu dan tenaga
  • Praktis

Menggunakan Biro Jasa STNK Terdekat dan Terpercaya

Memang biro jasa ini menawarkan banyak kelebihan tapi tetap saja harus memilih biro jasa STNK terdekat dan juga terpercaya. Misalkan tinggal di daerah Tangerang, maka cari biro jasa STNK Tangerang.

Tapi tentu saja itu merepotkan. Kenapa tidak menggunakan satu layanan yang merupakan biro jasa STNK Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi serta bisa diakses secara online.

Adalah JumpaPay yang bisa digunakan sebagai sarana pengurusan STNK secara online yang dapat diakses dimanapun, dan kapanpun di JaDeTaBek.

Kalau tidak bisa menemukan biro jasa STNK terdekat yang bisa dipercaya, maka gunakan saja layanan JumpaPay yang sudah pasti terbaik, terpercaya, dan tentunya harga bersaing.

Gunakan layanan JumpaPay melalui Gojek -> GoService JumpaPay

atau Website JumpaPay > JumpaPay.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here