Di era yang serba online seperti sekarang, semua hal bisa kamu lakukan secara daring termasuk cara melihat biaya perpanjangan STNK. Perpanjangan STNK diperlukan untuk menambah masa STNK motor maupun mobil agar tetap bisa beroperasi di jalan raya.

Kamu bisa mendatangi kantor samsat secara langsung untuk mengetahui biaya perpanjangan. Namun, bila kamu menginginkan cara yang lebih mudah dan simpel, kamu bisa mengecek biaya perpanjangan STNK secara online, melalui situs resmi samsat maupun aplikasi.

Cara Cek Biaya Perpanjangan STNK

Perpanjangan STNK wajib dilakukan bagi setiap pemilik kendaraan setiap lima tahun sekali. Berikut cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui besaran biaya perpanjangan STNK.

  1.   Melalui STNK

Cara ini merupakan yang paling mudah. Kamu tidak memerlukan paket internet. Kamu bisa mengeceknya kapan saja dan di mana pun sedang berada saat itu juga, asal kamu tengah membawa STNK.

Pada STNK tertera jumlah nominal yang harus kamu bayar ketika melakukan perpanjangan. Terdapat pula rincian pajak yang harus kamu bayarkan.

  1.   Melalui Situs Resmi

Cara yang kedua adalah cek biaya perpanjangan STNK melalui situs resmi. Setiap daerah umumnya memiliki situs resmi masing-masing. Apabila kamu tidak mengetahui situs resmi daerahmu, searching saja di laman pencarian dengan mengetikan “samsat (nama daerahmu)”.

  1.   Melalui Aplikasi

Bila kamu penggemar anti ribet, kamu bisa mencoba melihat besaran biaya perpanjangan STNK melalui aplikasi. Ada aplikasi Ranmor Polda dan aplikasi cek pajak gratis lainnya yang bertebaran di Google Play maupun Apps Store.

Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengunduhnya. Biasanya aplikasi tersebut akan memandumu mengenai apa yang ingin kamu lakukan dengan aplikasi tersebut.

  1.   Melalui SMS

Bagi kamu yang tidak memiliki cukup ruang untuk meng-install aplikasi, kamu bisa menggunakan layanan SMS guna mengetahui biaya perpanjangan STNK. Syaratnya jelas bahwa kamu harus memiliki pulsa, ya!

Caranya adalah kamu perlu mengirim format SMS dengan mengetik info (spasi) ranmor (spasi) nomor kendaraan (tanpa spasi). Kirimkan format SMS tersebut ke 8893. Silahkan menunggu beberapa saat sampai mendapat balasan.

  1.   Melalui Call Center

Cara mudah melihat biaya perpanjangan STNK yang terakhir adalah dengan menggunakan layanan Call Center. Kamu bisa menekan *36881# pada handphone kemudian klik OK atau panggil.

Silahkan menunggu beberapa saat untuk mendapatkan informasi secara rinci mengenai kendaraan beserta biayanya.

Lima cara melihat biaya perpanjangan STNK di atas bisa kamu coba tanpa harus berkunjung ke kantor Samsat. Jangan lupa selalu taat dan tepat waktu membayar pajak, ya!

Cara Perpanjang STNK Super Gampang

layanan jumpapay

Tidak masalah bila kamu sibuk dan tidak memiliki waktu untuk membayar pajak, karena kamu bisa menggunakan jasa pengurusan surat kendaraan JumpaPay.

JumpaPay merupakan perusahaan jasa pengurusan surat kendaraan yang telah dipercaya lebih dari 10.000 pemilik kendaraan sejak tahun 2008. JumaPay bisa menjadi solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahanmu yang tidak sempat mengurus surat-surat kendaraan.

Temukan panduan layanan dari JumpaPay di sini:

Temukan Layanan Jumpapay di

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here