Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) adalah salah satu dokumen penting yang harus dimiliki semua pemilik kendaraan bermotor. Dalam surat tersebut tertera beberapa jenis nomor yang digunakan sebagai identitas motor sekaligus untuk keperluan pembayaran pajak. Lalu, bagaimana cara melihat nomor STNK motor? Simak 3 tipsnya berikut ini.

  • Cek di Lembar STNK

Cara pertama untuk melihat nomor STNK tentu saja adalah dengan langsung melihat lembar STNK Anda. Tapi, dalam lembar tersebut terdapat banyak nomor. 

Lalu, nomor STNK sebelah mana? Letaknya berada di paling atas di antara kop kepolisian dan tulisan Surat Tanda Nomor Kendaraan. Warnanya hitam dengan efek store berwarna merah muda di sekelilingnya.

Pada dasarnya, lembar STNK punya 2 jenis lembaran, yaitu Surat Tanda Nomor Kendaraan dan Surat Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran yang ada di baliknya.

Untuk melihat nomor STNK berarti cukup lihat di lembar STNK, bukan lembar pelunasan pembayaran pajak. Karena di lembar tersebut juga ada nomor tersendiri.

Untuk lembar STNK ditandai dengan adanya identitas pemilik kendaraan, beberapa nomor kendaraan, serta 4 kolom di sebelah kanan yang menunjukkan validasi. Sementara lembar bukti pelunasan berisi identitas pemilik, nomor kendaraan, serta tabel rincian nominal pajak yang harus dibayar.

  • Cek di Website Samsat Tiap Daerah

Jika Anda sedang berada di luar dan lupa membawa STNK, Anda juga bisa mengecek STNK online melalui website Samsat. Cukup kunjungi website Samsat daerah Anda, lalu masukkan pelat nomor kendaraan.

Ingat, ya setiap daerah punya alamat website yang berbeda-beda. Jadi pastikan Anda masuk ke halaman website yang tepat sesuai identitas kendaraan Anda.

Setelah memasukkan pelat nomor, nantinya akan ditunjukkan data lengkap tentang kendaraan Anda. Mulai dari identitas pemilik, data seputar kendaraan, serta nomor STNK yang Anda cari. Mudah sekali, ‘kan? 

  • Cek di Aplikasi Cek Data Kendaraan

Jika kebetulan website Samsat daerah Anda sedang trouble, Anda tak perlu khawatir untuk melihat nomor STNK Anda. Masih ada satu cara lagi, yaitu melalui aplikasi cek data kendaraan. Aplikasi tersebut biasa digunakan untuk cek nomor seri motor dan data kendaraan lainnya, termasuk nomor STNK.

Cara menggunakannya sangatlah mudah. Langsung download aplikasinya di Play Store, lalu install ke smartphone Anda. Setelah berhasil terpasang, masuk ke aplikasi dan pilih menu cek kendaraan.

Nantinya Anda akan diminta mengisi sejumlah data kendaraan. Salah satunya adalah pelat nomor. Setelah itu, aplikasi akan menampilkan data kendaraan secara otomatis.

Cara Perpanjang STNK Sangat Mudah

layanan jumpapay

Ternyata cara melihat nomor STNK motor sangatlah mudah. Tapi jika Anda ingin mengurus pajak dan berbagai surat kendaraan motor secara praktis, lebih baik gunakan jasa JumpaPay. Sejak tahun 2008 JumpaPay telah melayani pengurusan surat kendaraan hingga 10.000 pengguna motor dan mobil. 

Temukan panduan layanan dari JumpaPay di sini:

Temukan Layanan Jumpapay di

  1. Website jumpapay : jumpapay.com
  2. GoService di Aplikasi Gojek : gojek.jumpapay.com
  3. Layanan Perpajakan : linkaja.jumpapay.com
  4. Beli voucher JumpaPay di blibli : JumpaPay di Blibli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here