man in red jacket riding motorcycle on road during daytime

Mudah! Begini Cara Melihat Pajak Motor di STNK

Sebagai pemilik kendaraan sudah tahukah cara melihat pajak motor di STNK? Ternyata tidak sulit! Kamu dapat mengetahuinya tanpa butuh aplikasi online.

Caranya yaitu dengan mengecek halaman Surat Tanda Nomor Kendaraan. Lihat pada bagian tabel di lembar surat. Dari tabel itu kamu akan tahu rincian pajak kendaraan dan informasi kendaraan.

Berikut ini adalah beberapa hal tentang pajak motor yang dapat kamu ketahui di lembar STNK.

  • Mengetahui Info Pajak

PKB memuat data terkait biaya dan rincian pajak. Kamu bisa mengetahui informasi pajak berdasarkan data tabel di lembar STNK tersebut. 

Tabel tersebut memuat biaya pajak per tahun yang harus dibayar. Karena harga jual motor akan mengalami penurunan tiap tahun maka biaya PKB juga akan lebih rendah.

  • Mengetahui Masa Berlaku

Kotak kecil di halaman STNK memuat informasi tanggal STNK. Tanggal tersebut adalah masa berlaku surat yang menunjukan waktu di mana pemilik motor wajib membayar pajak. Supaya terhindar dari denda kamu wajib bayar pajak sebelum tanggal jatuh tempo.

  • Mengetahui Denda Pajak Kendaraan

Cek di lembar surat, kamu akan menemukan kolom sanksi atau denda di STNK. Info denda tersebut akan tercantum jika kamu punya sanksi atau denda yang harus dibayarkan. Jenis dendanya yaitu PKB dan SWDKLL.

  • Info Lainnya

Selain cara melihat pajak motor di STNK, banyak data dan info penting tentang kendaraan lainnya yang bisa kamu ketahui dari surat tersebut. Berikut ini adalah informasi yang tercantum dalam lembar STNK dan perlu kamu ketahui.

  • BBN KB (Bea balik Nama Kendaraan Bermotor)
  • SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan)
  • Biaya Admin (TNKB dan STNK)
  • No. Urut STNK
  • No. SKUM atau Surat Kuasa Untuk Menyetor
  • No. Kohir dari Samsat atau Polri

Cara melihat pajak motor di STNK ternyata mudah, bukan? STNK bukan sekadar selembar dokumen saja tapi juga bermanfaat bagi pemilik kendaraan karena berisi data dan info penting kendaraaan. Maka dari itu, jangan sampai STNK hilang atau rusak.

Bayar pajak sekarang bisa lebih dengan hemat waktu dan tenaga. Gunakan jasa JumpaPay! JumpaPay adalah layanan profesional untuk membantu mengurus surat-surat dan pajak kendaraan.

Jangan khawatir, karena semua layanan Jumpa Pay aman dan profesional. Kamu dapat dibantu untuk urusan terkait surat kendaraan bermotor. JumpaPay telah berpengalaman sejak tahun 2008 dan punya lebih dari 10.000 pelanggan yang puas dengan layanannya.

Temukan panduan layanan dari JumpaPay di sini:

Temukan Layanan Jumpapay di:

Beli voucher JumpaPay di blibli : JumpaPay di Blibli

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *