Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) jadi dokumen utama dan pastinya penting sekali. Ketika dokumen tersebut hilang, banyak yang dibuat bingung tentang bagaimana  cara mengurus BPKB hilang tersebut. Padahal, kamu cukup melakukan beberapa langkah dan dokumen baru akan diterbitkan.

Untuk mengurus kehilangan BPKB sering dikeluhkan karena prosedurnya yang cukup panjang. Padahal, jika semua syarat sudah dilengkapi maka kamu tinggal menunggu prosesnya di kantor Samsat terdekat dimana kamu membeli kendaraan tersebut.

Cara Mengurus BPKB Hilang

cara mengurus bpkp hilang

Kamu cukup melakukan beberapa cara mengurus BPKB hilang atas nama sendiri , ketika dokumen itu hilang tanpa sebab Pastikan ikuti semua langkahnya, supaya prosesnya lancar dan tidak memakan waktu lama.

  • Lengkapi syarat yang dibutuhkan, diantaranya adalah dokumen identitas bisa berupa KTP atau SIM asli dan fotokopinya serta mengisi formulir untuk permohonan pengurusan BPKB. Kemudian sejumlah syarat pendukung yaitu:
  1. Bukti kamu sudah pasang iklan tentang hilangnya BPKB kamu di berbagai media cetak, biasanya minimal di dua media cetak.
  2. STNK Asli yang masih berlaku beserta fotokopinya, lengkap dengan catatan pembayaran pajak yang sudah dilakukan.
  3. Surat pernyataan bahwa BPKB hilang, surat tersebut harus dilengkapi tanda tangan diatas materai oleh pemilik kendaraan.
  4. Fotokopi BPKB jika kamu memilikinya, atau nomor BPKB dari kendaraan tersebut.
  5. Berita Acara Pemeriksaan tentang hilangnya BPKB kendaraan Anda
  6. Surat Keterangan bahwa BPKB tidak sedang dijadikan jaminan pinjaman.
  • Melakukan cek fisik kendaraan di kantor Samsat terdekat, lalu satukan dokumennya dengan semua syarat yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Serahkan seluruh dokumen yang sudah kamu siapkan kepada petugas di loket BPKB.
  • Lakukan pembayaran dan serahkan bukti pembayaran kepada petugas loket BPKB. Besaran biaya akan dikalkulasikan oleh petugas loket, tapi pastinya tidak akan terlalu mahal.
  • Simpan semua bukti pembayaran dan penyerahan dokumen, karena akan menjadi syarat ketika kamu mengambil BPKB yang sudah selesai nanti.
  • Saatnya tunggu jalannya proses BPKB di buat ulang yang biasanya memakan waktu sekitar satu minggu.
  • Kemudian kamu tinggal datang kembali dan menyerahkan bukti pembayaran kepada petugas, untuk mendapatkan BPKB tersebut.

Jika kamu tidak punya waktu untuk mengurusnya, maka kamu dapat mengurus BPKB hilang melalui cara mengurus BPKB hilang di biro jasa JumpaPay yang siap menjadi asisten Anda.

Tinggal kunjungi websitenya, ikuti prosedur yang ada disana untuk layanan BPKB. Setelah itu, kamu tinggal bayar dan tunggu hasilnya.

Antisipasi BPKB Hilang Dengan Cara Ini

Memang akan butuh waktu untuk mengurus BPKB yang hilang dengan cara mengurus BPKB hilang dan biayanya yang tentunya perlu dipersiapkan semaksimal mungkin, makanya untuk mengantisipasi hal itu terjadi Anda perlu melakukan beberapa hal berikut:

  • Simpanlah di tempat yang masuk kategori aman, sehingga Anda tidak akan kehilangan BPKB dengan mudah. Misalnya di dalam brangkas yang ditempatkan di dalam kamar. Bisa juga di dalam lemari, box penyimpanan dokumen penting, atau lokasi lain yang menurut Anda aman.
  • Jangan sering dibawa jika tidak penting. Ini akan sangat rentan membuat Anda kehilangan BPKB. Apalagi, jika Anda memiliki aktivitas padat sehingga sering meninggalkan di sembarang tempat atau gonta ganti tas tanpa memeriksa secara detail apa isi tas sebelumnya.
  • Walaupun Anda ingin aman bepergian, sebaiknya buat salinan bisa juga fotokopi dari dokumen itu. Jadi, tinggal bawa fotokopinya saja sedangkan aslinya tetap disimpan di tempat yang aman.

Semoga informasi tentang cara mengurus BPKB hilang bisa membantu Anda, ketika masalah kehilangan itu terjadi. Yang penting dokumen yang dibutuhkan untuk pengurusan tersedia, lalu ketika Anda terlalu sibuk untuk mengurusnya sendiri, tinggal manfaatkan layanan JumpaPay yang sudah terbukti hasilnya.


Jika kamu membutuhkan jasa pengurusan surat kendaraan, kamu dapat menggunakan layanan JumpaPay. JumpaPay adalah perusahaan professional yang bergerak di pengurusan surat kendaraan yang telah membantu lebih dari 10.000 kendaraan untuk mengurus surat kendaraan sejak tahun 2018. JumpaPay adalah biro jasa terdaftar di Polda Metro Jaya.

Temukan panduan layanan dari JumpaPay disini :

Temukan Layanan Jumpapay di

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here