Apakah kamu pernah kehilangan STNK? tentu bukan hal yang menyenangkan jika STNK hilang. STNK adalah surat penting kendaraan yang mutlak kamu bawa kemanapun pergi.

Tidak hanya agar lolos dari razia polisi, tapi untuk masuk-keluar parkiran di Mall, Supermarket, tempat wisata, maupun tempat lainnya tentu membutuhkan STNK.

Sayangnya untuk mengurus kehilangan STNK bukanlah hal yang mudah. Lantas berapa lama mengurus STNK hilang? Jawabannya adalah tergantung dari seberapa cepat kamu mengurus dokumen-dokumen pendukungnya.

Bagi kamu yang memiliki cukup waktu, tentu tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun berbeda cerita jika kamu adalah orang yang cukup sibuk.

Ada beberapa syarat jika STNK hilang yang harus kamu penuhi, antara lain:

1. Segera datangi kantor polisi terdekat

Seperti dokumen berharga lainnya, ketika kamu kehilangan STNK hal pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan membuat laporan kehilangan di kantor polisi terdekat. Hal ini bertujuan agar tidak ada oknum yang menyalahgunakan STNK tersebut.

Selain itu surat keterangan kehilangan dari polisi juga bisa kamu gunakan sebagai pengganti STNK selama proses pengurusan STNK yang baru.

2. Menyiapkan syarat dokumen yang dibutuhkan

Setelah kamu mengantongi surat keterangan kehilangan dari polisi terdekat, langkah selanjutnya adalah melengkapi dokumen pendukung lainnya seperti KTP, BPKB, dan fotocopy STNK yang hilang.

Akan tetapi bagi yang membeli kendaraan secara kredit seringkali bingung bagaimana cara mengurus stnk hilang motor kredit, padahal BPKB masih di tangan leasing.

Caranya tidak jauh berbeda, kamu bisa meminta surat keterangan dari pihak leasing agar dibuatkan dokumen pendukung untuk selanjutnya kamu bawa ke kantor Samsat.

Bagaimana jika stnk hilang dan tidak ada fotocopy?

Tenang saja, dokumen ini tidak bersifat wajib. Tapi tidak ada salahnya menyiapkan fotocopy STNK untuk backup pribadi, meskipun tidak ada yang berharap STNKnya hilang.

3. Datang ke Kantor Samsat

Dokumen pelengkap sudah ada, sekarang kamu tinggal mendatangi kantor samsat untuk mengurus STNK yang hilang.

Jika kamu berada di wilayah Jakarta, kamu tidak harus mengurus di kantor samsat tempat menerbitkan STNK pertama kali. Selama samsat yang kamu datangi masih dalam naungan Polda yang sama dengan domisili.

Namun jika kamu berasal dari luar kota, kamu harus meluangkan waktu untuk mengurusnya di kota domisili.

Nah, sekarang kamu tidak perlu panik lagi jika STNK hilang. Ikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas dan luangkan cukup waktu agar bisa lebih cepat mengurusnya.

Cara Pengurusan STNK Hilang Yang Bebas Ribet

Namun jika kamu sibuk, tak ada salahnya menggunakan jasa pihak ketiga. Kamu cukup memesan dari rumah atau tempat kerja dan akan ada agen yang siap mendatangimu. Kamu bisa urus stnk hilang di jumpapay.com. JumpaPay telah dipercaya lebih dari 10.000 kendaraan untuk mengurusi surat kendaraan sejak tahun 2018. Kami bisa bantu pengurusan STNK Hilang.

Temukan panduan layanan dari JumpaPay disini

Temukan Layanan Jumpapay di

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here