Kendaraan baik mobil maupun sepeda motor adalah kendaraan yang hampir dimiliki oleh semua orang karena penting sebagai alat transportasi sehari-hari. Namun, Anda harus tahu jika setiap orang yang memiliki kendaraan juga berkewajiban untuk membayar pajaknya, termasuk Pajak Beat

Di Indonesia, hal ini juga diatur dalam Undang-undang Republik Indonesia No. 28 Tahun 2009 mengatur bahwa membayar pajak adalah kewajiban bagi seluruh warga negara Indonesia.

Dulu, jika pembayaran pajak kendaraan dilakukan di Kantor Samsat masing-masing daerah di Indonesia, kini pembayaran pajak kendaraan sudah bisa dilakukan secara online.

Tentunya, pembayaran pajak secara online lebih mudah dan juga hemat waktu. Salah satunya dengan menggunakan layanan online dari JumpaPay.

Bagaimana caranya? Baca secara lengkap penjelasannya berikut ini untuk membayar pajak motor beat atau kendaraan bermotor lain secara online.

Tarif Pajak Honda Beat

Salah satu kendaraan yang banyak digunakan di Indonesia adalah Honda Beat. Pajak Honda Beat berbeda-beda tergantung pada tahun produksinya.

Tarif pajak honda beat adalah sebesar 2% dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) untuk motor pertama. Sementara untuk motor kedua tarif pajaknya bertambah menjadi 2,5%, dan menjadi 3% untuk motor ketiga.

Jika ada penambahan setiap satu motor berikutnya, maka tarif pajaknya ditambah lagi sebesar 0,5% yang disebut dengan pajak progresif. Untuk honda beat pajak progresif hanya berlaku di beberapa wilayah salah satunya Jakarta.

Yang Perlu Disiapkan untuk Membayar Pajak Honda Beat

Untuk membayar pajak kendaraan, termasuk Honda Beat perlu mempersiapkan beberapa berkas antara lain:

  • KTP asli pemilik kendaraan
  • STNK asli kendaraan

Cara Mengurus Pajak Honda Beat Secara Online

Kini mengurus dan membayar pajak Honda Beat tidak perlu lagi ke Kantor Samsat. Anda sekarang bisa mengurusnya secara online melalui JumpaPay.

JumpaPay adalah perusahaan jasa yang mengurus perpanjangan pajak kendaraan dan surat-surat kendaraan untuk perorangan maupun perusahaan.

Mengapa harus menggunakan layanan dari JumpaPay? JumpaPay menggunakan teknologi dan sistem yang transparan dalam hal biaya serta agen yang terpercaya dan sangat berpengalaman dalam pengurusan surat-surat kendaraan di tiap Samsat Polda dan institusi lainnya di seluruh Indonesia.

Yang paling penting, Anda tinggal duduk manis di rumah menunggu semua proses diselesaikan oleh pihak JumpaPay. Karena di JumpaPay ada layanan untuk mengantar dan menjemput dokumen Anda di mana pun dengan aman.

Informasi tentang persyaratan yang dibutuhkan beserta tarif pajak sesuai tipe kendaraan Anda tersaji lengkap di website JumpaPay. Dengan menggunakan layanan JumpaPay, Anda hanya perlu mempersiapkan berkas dan data yang diperlukan tanpa harus repot-repot pergi dan mengantri di Kantor Samsat.

Daftar Pajak Honda Beat

Berapa biaya pajak Honda Beat? Biaya pajak Honda Beat berbeda-beda tergantung tahun produksinya. Pajak terendahnya adalah Rp127.500 dan tertinggi Rp254.000. Jumlah ini bisa lebih tinggi jika Anda terkena denda pajak atau pajak progresif.

Berikut daftar pajak Honda Beat berdasarkan model dan tahunnya:

Tahun Produksi Model Kendaraan Pajak
2015 Honda Beat FI Rp163.000
2016 Honda Beat FI Rp193.500
2017 Honda Beat FI Rp207.000
2018 Honda Beat POP CW Rp225.000
2018 Honda Beat Sporty CW Rp231.750
2018 Honda Beat Sporty CBS Rp234.750
2019 Beat Sporty CW MMC Rp242.000
2019 Beat Sporty CBS MMC Rp244.000
2020 Beat Sporty CBS Rp246.000
2020 Beat Sporty CBS ISS MMC Rp252.000
2021 Beat Sporty ISS Rp242.000

Tabel di atas adalah kisaran harga yang harus Anda keluarkan untuk membayar pajak motor beat. Bagi Anda yang tidak ingin repot namun tetap bisa membayar pajak dengan cepat, bisa menggunakan layanan JumpaPay.

Temukan panduan layanan dari JumpaPay disini

Temukan Layanan Jumpapay di

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here