Sebagai pemilik kendaraan bermotor, tiap tahun kita wajib melunasi pajak perpanjangan STNK. Namun, mungkin masih ada yang lupa atau bingung bagaimana prosedur perpanjang STNK.

Apa saja syarat dan langkah-langkah perpanjang STNK? Dan bagaimana bedanya prosedur perpanjang STNK tahunan dengan 5 tahunan? Mari simak ulasan berikut.

Perbedaan STNK Tahunan dan 5 Tahunan

Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) adalah surat resmi yang mengesahkan kepemilikan kendaraan dan wajib kita bawa ketika berkendara. Ada dua macam prosedur perpanjang pajak STNK, yaitu tahunan dan tiap 5 tahun sekali.

Pada perpanjangan STNK tahunan kita hanya perlu membayar pajak. Sedangkan, pada perpanjangan lima tahunan petugas juga akan mengecek kondisi fisik kendaraan.

Perpanjangan STNK tahunan dan lima tahunan ini berfungsi mencatat dan mencocokan kepemilikan kendaraan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Syarat Perpanjang STNK Tahunan

person writing bucket list on book

Perpanjangan STNK tahunan dapat dilakukan langsung di SAMSAT dan juga secara online. Adapun berkas-berkas yang perlu kita siapkan, antara lain:

  • STNK dan fotokopinya
  • BPKB dan fotokopinya (BPKB asli harus diperlihatkan ke petugas)
  • KTP pemilik kendaraan serta fotokopinya
  • Surat kuasa, jika perpanjangan STNK diwakilkan orang lain

Untuk langkah perpanjang STNK perusahaan, ada beberapa berkas tambahan. Kita harus membawa fotokopi domisili, SIUP, TDP, dan NPWP perusahaan. Selain itu jika memakai surat kuasa mewakili perusahaan, harus menyertakan stempel perusahaan dan tanda tangan serta fotokopi KTP yang memberi kuasa.

Prosedur perpanjang STNK tahunan sederhana saja, cukup datang ke SAMSAT dan mengisi formulir. Setelah itu akan mendapat lembar total biaya pajak dan tinggal membayar.

Syarat Perpanjang STNK Lima Tahunan

Berkas dan cara perpanjangan STNK lima tahunan tidak berbeda dengan perpanjangan tahunan. Namun, pada prosedur perpanjang STNK lima tahunan petugas akan memeriksa fisik kendaraan. Proses ini biasanya cukup memakan waktu. Selain itu kita juga akan mendapat lembar STNK dan plat nomer yang baru.

Prosedur Perpanjangan STNK Online

Proses perpanjangan STNK juga bisa kita lakukan secara daring. Pada masa pandemi seperti ini, lebih disarankan melakukan pengurusan online untuk menghindari penularan covid akibat kontak dengan orang banyak.

Ada beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan untuk melakukan perpanjang STNK online sesuai daerah masing-masing, di antaranya e-SAMSAT (DKI Jakarta) dan jasa GoService dari Jumpapay (Jakarta, Bekasi, Depok, dan Tangerang Selatan). Jumpapay bekerjasama dengan GoJek menyediakan jasa GoService pengurusan STNK.

Khusus untuk perpanjangan lima tahunan kita tak bisa memakai e-SAMSAT karena ada pemeriksaan kendaraan yang harus datang secara langsung. Tetapi, kita tetap bisa memakai jasa dari GoJek karena yang akan melakukan cek fisik kendaraan adalah mitra GoJek itu sendiri. Kita cukup menyediakan dokumen yang dibutuhkan saat agen GoJek datang memeriksa kendaraan.

Jika kamu tidak memiliki aplikasi GoJek bisa juga langsung mengunjungi situs JumpaPay yaitu www.jumpapay.com. Biaya perpanjang STNK online ini dapat kita bayar dengan GoPay, transfer bank, atau melalui LinkAja.

Itulah syarat dan prosedur perpanjangan STNK tahunan dan lima tahunan. Dengan adanya media perpanjangan STNK online, urusan STNK kini menjadi lebih praktis.

Prosedur Perpanjang STNK Bebas Ribet

Jika kamu adalah seorang warga jakarta yang memiliki banyak kesibukan, kamu dapat menghemat waktu berhargamu dengan bebas bolak balik untuk mengurus STNK. JumpaPay biro jasa terdaftar polda metro jaya bisa kamu mengurusu seluruh surat kendaraan kamu.

Dipercaya sejak 2018, hingga kini JumpaPay telah membantu lebih dari 10.000 kendaraan. Jadi serahkan pengurusan surat kendaraanmu bersama dengan biro jasa terpercaya.

Seluruh dokumen akan dijemput, diurus dan dikirim kendali tanpa kamu harus keluar rumah. Mudah bukan ?

Temukan panduan layanan dari JumpaPay disini

Temukan Layanan Jumpapay di

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here