Kalau dulu pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) mengharuskan pemilik motor datang ke kantor Samsat. Sekarang sudah ada layanan STNK keliling, yang memudahkan pengurusannya bahkan hanya butuh beberapa menit hingga STNK sudah diperpanjang dan pajak aktif kembali.

Layanan utama pada Samsat keliling untuk STNK, biasanya hanya untuk perpanjangan pajak secara tahunan. Sedangkan untuk pajak sekali lima tahun yang termasuk penggantian plat, kamu masih harus urus di kantor Samsat dengan ikut prosedur.

Apa Syarat Urus STNK Keliling?

Sama saja dengan syarat urus STNK di Kantor Samsat dekat tempat tinggalmu, dimana tiga dokumen pentinglah yang wajib ada. Pertama adalah,  kartu identitas kamu dan diutamakan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang pastinya masih berlaku.

Kedua yaitu dokumen BPKB yang asli, kemudian fotokopi dari dokumen tersebut untuk pertinggal bagi petugas Samsat nantinya. Ketiga adalah STNK lama yang akan diurus perpanjangannya, lengkap juga dengan fotokopi sebanyak satu lembar. Tapi disarankan fotokopi lebih banyak siapa tahu akan diperlukan.

Cara Urus STNK Keliling

stnk keliling

Untuk pengurusan perpanjangan dokumen STNK baik untuk motor kamu atau mobil kesayangan, cukup ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Cari Samsat Keliling terdekat yang menyediakan layanan perpanjangan STNK, biasanya pihak Samsat memberikan informasi melalui situs resmi yang bisa di update sesuai kebutuhanmu. bisa juga langsung di cek ke kantor utama Samsat dan bertanya pada petugas yang sedang standby
  • Pastikan kamu datang sesuai jadwal operasional Samsat tersebut. Biasanya, tergantung pada kondisi daerah dan kebijakan Samsat di daerah tersebut.
  • Antrilah di depan mobil Samsat sambil membawa semua dokumen yang dibutuhkan. Tetap jaga jarak aman dan patuhi protokol kesehatan.
  • Serahkan dokumen kepada petugas, kemudian mereka akan melakukan verifikasi data. Kemudian tinggal menunggu proses selesai.
  • Petugas akan memanggil kamu untuk menyerahkan dokumen STNK perpanjangan yang kamu urus. Tidak perlu waktu lama, hanya sekitar dua hingga lima menit tergantung antrian pengurusan dokumen Samsat yang terjadi disana.

Kelebihan Urus STNK Melalui Samsat Mobile

Banyak kelebihan yang bisa didapat jika kamu memanfaatkan layanan Samsat melalui mobil kelilingnya. Terutama untuk pengurusan STNK, yang mungkin selama ini terbilang sulit.

  • Proses Cepat

Sudah dipastikan prosesnya akan lebih cepat ketimbang pengurusan langsung di kantor Samsat. Karena prosedurnya dibuat seefisien mungkin dengan memaksimalkan jaringan internet sebagai penghubung dokumen data pemilik kendaraan.

Berdasarkan pengalaman orang yang sudah menggunakan layanan ini, mereka hanya perlu waktu tak lebih dari 10 menit untuk mengurus dokumen kelengkapan kendaraan.

  • Bisa Dimana Saja

Kamu  tidak harus jauh-jauh datang ke kantor Samsat yang jaraknya jauh dari tempat tinggal. Cukup dengan kamu mencari Samsat keliling yang terdekat dari lokasi saat ini, untuk mengurus dokumen kepemilikan kendaraan.

  • Mudah

Disebut mudah, karena bisa langsung berinteraksi dengan satu petugas tanpa harus ribet ke berbagai loket. Jadi, satu loket untuk semua pengurusan perpanjangan dokumen dan lainnya.

  • Syarat Mudah

Soal syarat juga terbilang mudah, sehingga kamu tak perlu mempersiapkan dokumen dalam jumlah banyak. Tapi pastikan saja semua dokumen dan syarat yang dibutuhkan sudah lengkap semua, supaya prosesnya akan lebih cepat dan memuaskan Anda.

Bagi kamu yang tidak punya waktu untuk mengurus STNK sendiri baik di kantor Samsat atau Samsat Mobile. Kamu dapat mengurus STNK tanpa harus mencari STNK keliling, kamu dapat mengurus STNK dimana saja dengan Jumpapay.

Demikianlah cara yang bisa digunakan untuk mengurus STNK keliling dengan mudah dan aman. Cukup siapkan syarat, antri, verifikasi, dan dokumen sudah jadi! Bahkan Anda juga bisa lebih mudah dengan pakai jasa Jumpapay yang sudah banyak digunakan masyarakat untuk semua urusan berkaitan dokumen kendaraan.


Jika kamu membutuhkan jasa pengurusan surat kendaraan, kamu dapat menggunakan layanan JumpaPay. JumpaPay adalah perusahaan professional yang bergerak di pengurusan surat kendaraan yang telah membantu lebih dari 10.000 kendaraan untuk mengurus surat kendaraan sejak tahun 2018. JumpaPay adalah biro jasa terdaftar di Polda Metro Jaya.

Temukan panduan layanan dari JumpaPay disini :

Temukan Layanan Jumpapay di

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here