Wajib Tahu, Ini Syarat Perpanjangan STNK Mobil

 

Sebagai pemilik kendaraan tentu kamu wajib tahu syarat perpanjangan STNK mobil. Perpanjangan STNK ada dua macam yaitu periode 1 tahunan dan 5 tahunan. Namun, syaratnya tidak jauh berbeda. 

Perpanjangan STNK dapat dilakukan di kantor samsat. Selain itu, sekarang ada layanan perpanjangan STNK keliling yang lebih praktis. 

Berikut ini adalah syarat yang perlu kamu persiapkan ketika hendak memperpanjang STNK mobil.

Periode 1 Tahun

Mari kita bahas syarat yang dibutuhkan untuk memperpanjang STNK periode 1 tahun. Syaratnya cukup simpel. Namun, pastikan kamu persiapkan dengan baik agar tidak ada yang terlewat.

  • KTP

Kartu tanda penduduk yang asli wajib dibawa sebagai syarat perpanjangan STNK mobil. Pastikan data KTP harus sesuai dengan data STNK dan BPKB mobil. 

  • STNK Asli

Bukti kepemilikan kendaraan ditunjukan dengan STNK asli. Sekaligus untuk melakukan perpanjangan masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan tersebut.

  • Uang untuk Pembayaran

Jangan lupa siapkan uang untuk pembayaran biaya dan pajak. Jumlah yang dibayarkan tiap jenis kendaraan bisa saja berbeda.

Periode 5 Tahun 

Tiga syarat utama yaitu KTP, STNK dan uang pembayaran sama dengan perpanjangan STNK periode 1 tahun. Syarat tambahannya yaitu sebagai berikut. 

  • BPKB 

Syarat BPKB khusus untuk perpanjangan periode 5 tahun. BPKB adalah Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor sebagai bukti sah kamu pemilik kendaraan tersebut. 

  • Kendaraan 

Khusus untuk syarat perpanjangan STNK mobil per 5 tahun wajib membawa kendaraan yang akan diperbarui plat nomornya. 

Lalu, apa lagi yang perlu dilakukan?

Setelah memastikan syarat perpanjangan STNK mobil lengkap selanjutnya adalah melakukan prosesnya ke kantor samsat. Kamu perlu mengisi formulir sebagai pemilik kendaraan. 

Setelah formulir diisi diberikan ke petugas di kantor samsat. Kemudian kamu akan dipanggil setelah pengecekan berkas dan formulir selesai. Lalu, lakukan pembayaran di loket pembayaran.

Setelah selesai membayar, kamu akan dapat bukti pembayaran yang nantinya berguna untuk mengambil STNK yang sudah diperbarui masa berlakunya.  Untuk perpanjangan periode 5 tahun akan mendapatkan plat nomor yang sudah diperbarui. 

Perpanjangan STNK memang wajib bagi setiap orang yang punya kendaraan. Namun, untuk kamu yang sibuk mungkin kesulitan untuk mengatur waktu dan menyiapkan syarat perpanjangan STNK mobil. Jangan khawatir, sebab sekarang semua bisa lebih mudah dan praktis. 

Gunakan layanan terpercaya dari JumpaPay! Tersedia layanan yang dapat membantu kamu memperpanjang masa berlaku surat kendaraan, balik nama dan kebutuhan lainnya. 

Kamu cukup tunggu di rumah saja tanpa perlu repot bolak balik ke samsat. JumpaPay akan menyiapkan syarat perpanjangan STNK mobil dan melakukan prosesnya dengan baik dan profesional. 

layanan jumpapay

Temukan panduan layanan dari JumpaPay di sini:

Temukan Layanan Jumpapay di:

Beli voucher JumpaPay di blibli : JumpaPay di Blibli

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *